Thursday, November 24, 2011

Tuberculosis, kami tidak takut!

Bismillah
Postingan ini saya dedikasikan untuk sahabat saya tersayang, Shinta Dwi Wahyuni, chiduy. (Based on my reality, also addopted from neighbour sites)

Yesterday i met my bestfriend, chiduy.Very glad to see her. We do a lot of fun. Makan siang bersama, ngobrol begitu banyak hal, termasuk membicarakan tentang keinginan kami mendirikan Tuberculosis Foundation. Hihihi, memang sih itu terlalu muluk, tapi gapapa doong punya impian besar :) Ga nyangka juga kami punya pikiran yang sama. Pengen deh, mengkampanyekan hidup sehat kepada seluruh golongan masyarakat. Khususnya untuk mencegah penularan dari penyakit TB ini. Sedikit info, hidup kita sehari-hari yang sebenarnya udah keliatan sehat ini belum tentu sehat lho. Ditambah pola makan anak zaman sekarang yang menurut saya cukup acak kadul.

Tiba-tiba saya jadi ingin ngomongin Tubercolosis deh. Hmm, sedikit saya share yaa..
Zaman dulu, TB sangat mengerikan. Dari seperempat juta penderita TB, lebih dari seratus ribu orang yang meninggal. Dan Indonesia -meraih medali perunggu sebagai negara terbanyak ketiga penderita TB di dunia. Serem banget yaa :|
Alhamdulillah sekarang pemerintah sedang aktif mempublikasikan penyakit ini kepada masyarakat umum.

Gejala umum TB adalah batuk-batuk dalam periode waktu yang lama (lebih dari sebulan, bisa disertai darah), berat badan menurun -atau ga naik-naik padahal makannya udah banyak, badan mudah lelah dan disertai oleh rasa malas (malaise).

Penyebabnya apa sih?

Seperti penyakit pada umumnya, penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mikrobakterium Tuberkulosa.
Penyakit ini dulunya hanya terjangkit pada orang-orang yang keadaan ekonominya sulit, tinggal di daerah kotor, dan pola makan buruk. Tapi pada kenyataannya sekarang tidak begitu. Orang-orang dengan tingkat ekonomi baik, tinggal di perumahan, serta makan banyak pun bisa terjangkit.

Mengapa?

Karena udara di jalan yang tidak lagi layak hirup -setuju kan sama saya?. Orang bersin, batuk, buang ingus, buang sampah semau-maunya dimana aja, serta makanan-makanan yang terlihat bergizi namun ternyata tidak sehat.
Dokter saya bilang, "hindari makanan junkfood, karena itu hanya akan merusak tubuh kamu". Goodbye, M*D dan KF*, untuk jangka waktu yang lama saya akan menghindari kalian, hihihi

Selain itu, biasakan pola tidur yang cukup dan sehat. Dengan begitu, tubuh kita selalu sehat dan penyakit-penyakit ga bisa menembus kekebalan tubuh kita.
Juga biasakan cuci tangan, kalau perlu, bawa sabun pembersih tangan, seperti antis, detol, dan nuvo handsanitizer.

Terus, yang kamu harus tau, penderita TB ga melulu batuk lho, karena TB ada banyak macamnya. Ada TB paru, TB usus, TB tulang, dan TB kelenjar, berupa timbulnya benjolan -mirip bisul di satu dari beberapa tempat ini ; leher, ketiak, dan alat kelamin.

Kalo kamu mengalami salah satu -atau salah banyak dari gejala tersebut, yang harus segera dilakukan adalah ;
-Segera ke dokter, untuk uji dahak (sputum), uji mantoux (suntik di tangan untuk mengetahui adanya kuman TB atau tidak), serta Thorax PA (Rontgen).
-Jangan takut, jangan khawatir, penyakit ini bisa disembuhkan, dan ingat Allah selalu bersama kita :)

Aku positf TB, trus aku harus ngapain? :(

-Ikuti semua perintah dokter
-Minum obat untuk kurun waktu 6-9 bulan, dan jangan pernah bolong minum obat satu hari pun. Kalo bolong, kamu harus mulai dari awal lagi

Ingat, TB bisa disembuhkan, jangan takut :) Memang awalnya rasa lemas itu akan menyerang kira-kira dua bulan awalnya, ditambah sulit konsentrasi dan sedikit pelupa. Tapi sekali lagi jangan takut. Sabar, dan tetap tersenyum :)

-Hati yang gembira adalah obat yang paling baik (Peribahasa)


Some of our pictures, kenang-kenangan kemarin main sama chiduy :









Get well very soon, my beloved chiduy!
Photobucket

No comments:

Post a Comment