Sunday, October 22, 2017

Diandra, menjelang lima tahun

Assalamu'alaikum.

Diandra, anak pertama saya, dua puluh lima hari lagi akan genap berusia lima tahun.
di usianya ini, emosinya banyak bermain. banyak pencapaian yang sudah kakak raih, banyak checklist checklist tumbuh kembang yang kakak sudah lewati.

kalau orang bilang anak banyak belajar dari orang tua, sebenarnya sebagai orang tua saya banyaaaak belajar dari anak . Masya Allah.

Kalau ditanya aliran parenting apa (beuh beraat) yang saya anut, entah ya, saya ngga ikut ikut dalam perkumpulan ibu ibu hebat di grup WA yang itu, saya bukan penggemar berat ibuk happy soul (bukan penggemar berat, tapi penggemar terberat! hihihi), apalagi aliran parenting para artis. nope. im not in that way.

Kayaknya, saya termasuk ibu ibu dengan aliran parenting suka suka :D saya biarkan diandra nyaman BAB di pampers sampai usia 2 tahun lebih. dengan sendirinya (dengan diajari tentunya) masalah BAB dan BAK dan bersih bersih setelahnya, diandra sudah beres di usia empat tahun. Diandra sudah tidak pernah mengompol malam. namun untuk masalah tidur masih PR besar untuk maminya. bagaimana caranya diandra mau tidur di kamarnya sendiri.

Di usia mau lima tahun, diandra belum bisa membaca. belum begitu tertarik nampaknya. Mengaji ia gemar. Banyak anak di usia tiga tahun sudah mengenal huruf. kemudian lancar membaca. hebat ya! :)
awal awal saya khawatir, tapi melihat perkembangan mengajinya yang sedang pesat, saya sadar bahwa bukan ia tidak bisa, hanya saja belum mau. feelnya blm dapat, gitu kali ya, hehehe. semangat kakak, senyamannya kakak saja, nanti mami siap ajarin kakak membaca! :)

saya bukan termasuk orang tua yang tidak mau bilang 'jangan' kepada anak. saya juga bukan orang tua yang melarang anak bermain gadget. bahkan, saya sering menonton youtube berdua diandra. channel kesukaan kami cookie swirl c, isinya tentang unboxing mainan anak (ahahaha ketauan deh)

sebenarnya, menurut saya, banyak hal yang lebih penting yang harus diajarkan kepada anak di usia dini nya, di luar skill akademisnya. apakah mereka menghormati orang tua, apakah mereka menerima perintah orang tua. patuh atau tidak. apakah mereka sudah mau berbagi, apakah mereka sudah bisa bersyukur pada Allah, apakah mereka sudah mau mengalah, mengakui kesalahan, berkata jujur, dll.

alhamdulillah, diandra termasuk anak yang menyambut saat bapaknya pulang bekerja. diandra termasuk yang mengecilkan suara tv atau apapun saat sedang adzan, dan diandra anak yang sangat sering bilang maaf mami setelah melakukan kesalahan.

ya, sangat ngga mudah mendidik anak. tapi semua orang tua pasti bisa mendidik anak, dengan caranya masing masing . selamat menjadi orang tua hebat, bapak dan ibuk semua! :)

(By the way, aliran parenting yang paling indah dan benar adalah parenting ala Rasulullah. saya juga masih belajar. yuk ah :')

No comments:

Post a Comment