Tuesday, November 21, 2017

Dua tahun menyusui (part 2)

Assalamu'alaikum.

hari ini adek aisyandra berusia dua tahun sebelas hari. syukur alhamdulillah, Allah berikan kesehatan dan kebahagiaan untuk adek. adek juga sudah sukses disapih *joged*. agak ngga nyangka proses menyapihnya begitu sederhana, Allah mudahkan alhamdulillah.

kalau boleh saya mau memberikan sedikit tips tips menyapih ala saya, hehehe. (duh, gegayaan ya) but sharing is caring rite? :)

1. Niat
yang paling utama dari semuanya adalah niat. ibu berniat menyapih anak untuk sesuatu yang baik. Dua minggu sebelum adek dua tahun niat saya belum terkumpul sempurna. setiap lihat muka adek, kasihan. bagaimana nanti nutrisi adek kalau tidak dapat nenen lagi? bagaimana caranya adek tidur bila tidak nenen?. Niatnya baru separuh jalan. hehehe. beberapa hari setelahnya, saya benar benar niatkan untuk menyapih. pasti ada alasan Allah perintahkan menyusui dua tahun. bukan satu tahun. bukan tiga tahun :)

2. Dukungan dari orang sekitar (terutama suami)
awal menyapih, payudara rasanya penuh dan sakit. Tapi memang begitu gejalanya. Sudah tanya tanya orang, katanya itu akan terjadi sekitar tiga hari . Alhamdulillah suami sudah satu pemikiran. Jadi saya semakin mantap menyapih. Adek diajari bapak minum susu uht sendiri. Adek digendong bapak kalau susah tidur dan malam hari terbangun. Terimakasih bapak!

3. Berikan pengertian dan pujian.
Beberapa hari setelah disapih, adek masih suka minta nenen. Saat adek bilang, "mama nenen", saya selalu jawab," adek sudah ngga nenen, adek sudah besar ya. Ok. Good girl!thumbs up" , lalu adek akan manggut manggut paham. alhamdulillah its work! :)

Yang paling penting menurut saya, mommy harus yakin kalau anak kita pintar, dan pasti bisa disapih. Ternyata menyapih ngga harus memakai minyak minyakan, lipstik atau apapun untuk menakuti anak ya, insyaAllah. Semangat! :)

No comments:

Post a Comment