Monday, April 30, 2012

our baby is growing up :') (part1)

Bismillah.
Alhamdulillah, baby cila sudah delapan minggu bobok di perut saya. Begitu banyak tanda-tanda kehadirannya yang saya rasakan. saya tau, saya tak lagi 'sendiri' :).
Mau share sedikit aah tentang gejala-gejala serta perkembangan yang terjadi pada ibu dan janinnya, memasuki bulan demi bulan kehamilan;


Bulan Kedua :
Perkembangan Janin : Pada minggu ke-5, Jantungnya sudah mulai memompa darah. Ujung-ujung tubuh mulai terlihat, dan bagian-bagian penting otak sudah mulai kelihatan. Subhanallah. Pada minggu ke-8, janin sudah mulai terbentuk. Beratnya sekitar 1,5 gr dan panjangnya 2,5 cm. detak jantungnya 160 kali permenit.
Perkembangan Ibu : Plasenta sudah mulai berfungsi, namun ibu belum merasakan pergerakan janin. Kemudian lama kelamaan plasenta mulai menutupi sekitar sepertiga garis uterus, dan pembuluh darah tampak membayang pada payudara ibu.

Bulan Ketiga :
Perkembangan Janin : Pada minggu ke-9, organ genital mulai terlihat jelas. Minggu selanjutnya, bentuk janin sudah hampir menyerupai manusia, dan darah serta sel-sel tulang mulai terbentuk. Minggu ke-11, organ tubuh mulai berfungsi. Pankreas mulai memproduksi insulin, dan ginjal mulai memproduksi seni. Pada minggu ke-12, paru-paru sudah mulai terbentuk. Panjang janin sudah mencapai kira-kira 4cm, beratnya sekitar 6 gr.
Perkembangan Ibu : Areola mammae tampak lebih gelap, dan kelenjar montgemery pada areola mammae semakin jelas. Akhirnya pergerakan janin mulai terasa. Berat badan ibu bertambah antara 1-1,5kg. (Saya baru memasuki bulan ketiga aja, berat sudah naik 3 kg :D hehehehehe )

Untuk perkembangan janin bulan-bulan selanjutnya akan saya posting belakangan yaa..
:)

No comments:

Post a Comment