Friday, January 13, 2012

99 Cahaya di Langit Eropa

Bismillah.

Kali ini saya ngeresensiin buku luar biasa bagus buah karya putri Pak Amin Rais, Hanum Salsabiela Rais dan suaminya Rangga Almahendra.
Buku ini saya beli saat nemenin suami ke Gramed mencari buku Olimpiade Matematika, atas saran kerabat saya Irvanu Rahman.

Dalam buku ini, Mba Hanum menceritakan pengalaman hidupnya di negara-negara Eropa, dimana kaum muslim adalah minoritas. Awal kisahnya adalah di Wina, Austria. Disana menemukan masjid saja sangat sulit, dan kaum muslim perempuan disana sangat susah mendapatkan pekerjaan yang baik, ditambah jika sang muslimah menggunakan jilbab. Dimulai dengan pertemanan Mba Hanum dengan seorang wanita Turki bernama Fatma, akhirnya membawanya menjelajahi Eropa untuk menguak keindahan Islam disana. Prancis, Spanyol, dan Turki. Siapa sangka, bahwa dulu kekuasaan Islam ternyata merekat kuat di Eropa? Siapa sangka, jika beberapa gereja di Eropa dulunya adalah masjid-masjid indah? Dan adakah yang tahu, bahwa nuansa Islam di Paris dulu sangat kental, bahkan terdapat rumor bahwa sang Napoleon pun adalah seorang muslim?

Buku yang hebat, membuat saya semakin mencintai Islam. Membuat saya semakin bersyukur tinggal di Indonesia, bisa menemukan masjid dimana saja, makanan halal juga mudah ditemukan, dan hidup dengan kerabat-kerabat seiman. Sungguh nikmat yang patut disyukuri. Dan buku ini membuat saya semakin ingin berkunjung ke Eropa! Hihihi
Semoga nantinya, cahaya Islam kembali bersinar di langit Eropa :)

No comments:

Post a Comment